Manajemen Sistem Informasi

Manajemen Sistem Informasi adalah bidang yang berkaitan dengan perencanaan, pengembangan, implementasi, dan pemeliharaan sistem informasi dalam suatu organisasi. Ini melibatkan pengelolaan teknologi, data, orang, dan proses untuk mendukung tujuan bisnis. Termasuk dalam ruang lingkupnya adalah pengelolaan database, keamanan informasi, analisis bisnis, dan strategi TI.

Manajemen Sistem Informasi (MSI) melibatkan pengelolaan sistem dan teknologi informasi dalam suatu organisasi untuk mencapai tujuan bisnis. Contoh praktis dari MSI meliputi:

1. Transaction Processing Sytem (TPS)

Sebuah program yang berguna untuk proses dalam jumlah yang besar dan terjadi secara rutin. Biasanya diaplikasikan pada manajemen gaji dan investaris.

2. Knowledge Work System (KWS)

KWS akan mengintegrasikan satu pengetahuan baru ke dalam perusahaan. Dengan pengetahuan baru tersebut, diharapkan para tenaga ahli dapat menerapkannya dalam pekerjaan mereka.

3. Executive Support System (ESS)

Sistem ESS akan membantu manajer dalam hal berinteraksi dengan lingkungan organisasi/ perusahaan dengan berpegang pada grafik dan pendukung komunikasi lainnya.

4. Supply Chain Management (SCM)

Seperti namanya, Supply Chain Management bergerak untuk menyajikan data-data secara terintegrasi terkait suplai bahan baku, seperti pemasok, produsen, pengecer hingga ke konsumen terakhir. 

5. Office Automation System (OAS)

OAS paling sering diterapkan, baik pada perusahaan besar maupun kecil yang berguna untuk melancarkan sistem informasi melalui pengintegrasian server-server komputer dalam internal perusahaan.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Alat Input Komputer

Alat Output Komputer